Connect with us

Gojentakmapan

Warga Pulau Sapuka Melahirkan di Atas Kapal

-

PANGKEP, BKM — Seorang ibu rumah tangga bernama Santi, asal Pulau Sapuka, Kecamatan Liukang Tangaya, Kabupaten Pangkep, terpaksa melahirkan di atas kapal KM Amukti Palapa, Minggu (22/1).

Saat itu, KM Amukti Palapa sedang bersandar di Pulau Balo-baloang, Kecamatan Liukang Tangaya, Kabupaten Pangkep. Proses melahirkannya dibantu tenaga kesehatan (Nakes) Pustu bersama TP PKK Desa Balo-baloang yang dengan gerak cepat membantu warga melalukan persalinan di atas KM Amukti Palapa.

Awalnya, Santi akan dirujuk ke Makassar untuk bersalin dengan menumpang KM Amukti Palapa. Namun, saat kapal bersandar di Pulau Balo-baloang, pasien bersangkutan merasa segera melahirkan. Sehingga pihak KM Amukti Palapa menghubungi petugas kesehatan Pulau Balo-baloang agar turun ke kapal untuk memberikan bantuan persalinan.
Tidak mudah bagi Nakes dan TP PKK Desa Balo-baloang menjangkau KM Amukti Palapa. Sampan yang ditumpangi terbalik dihantam arus air laut. Beruntung, Nakes dan TP PKK berhasil dievakuasi dan selamat mencapai KM Amukti Palapa.
Membutuhkan waktu sekitar setengah jam untuk mengevakuasi anggota PKK Desa Balo-baloang ke kapal KM Amukti Palapa akibat kuatnya tarikan arus air laut. Sesampai di atas KM Amukti Palapa, Nakes dan TP PKK Desa Balo-baloang berhasil membantu pasien untuk persalinan.

”Kami saat ini berada di atas kapal perintis KM Amukti Palapa membantu warga untuk persalinan. Alhamdulillah, ibu dan bayinya selamat,” ujar Sekretaris TP PKK Desa Balo-baloang, Ida Royani, Minggu (22/1). (udi/c)

Laman: 1 2

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini