×
Connect with us

Gojentakmapan

Adnan Segera Bikin Sumur Bor di Empat Kecamatan Prioritas

Antisipasi Kekeringan Berkepanjangan Akibat Elnino

-

GOWA, BKM — Elnino yang berdampak pada kemarau panjang dan mengakibatkan kekeringan di banyak tempat di Tanah Air. Termasuk empat kecamatan di Kabupaten Gowa .

Empat kecamatan yang kekeringan itu, yakni Kecamatan Pattallassang, Manuju, Bajeng, dan Kecamatan Bontonompo. Untuk mengatasi kekeringan di empaty kecamatan tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melalui Perumda Air Minum Tirta Jeneberang telah melakukan layanan air bersih dengan mengerahkan empat mobil tangki air.

Armada pengangkut air bersih ini sudah melakukan pelayanan air dalam kurun beberapa hari terakhir. Kendati demikian, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan , berupaya mengatasi dampak Elnino tersebut dengan segera membuat sumur-sumur bor di beberapa titik.
”Nanti kami pemerintah kabupaten bersama TNI akan melakukan pembuatan sumur bor. Tadi sudah diperintahkan bapak Pj gubernur kepada para kepala daerah untuk segera memakai biaya tak terduga atau BTT untuk membuat sumur bor agar tidak terjadi kekeringan serius, ” kata Adnan disela menghadiri rapat koordinasi para kepala daerah bersama Pj gubernur Sulsel, di aula Pemprov Sulsel, di Makassar, Senin siang (11/9).
Dikatakan Adnan, upaya lain yang dilakukan Pemkab Gowa dalam menghadapi kekeringan akibat el nino adalah memaksimalkan lahan-lahan produktif. Kini pihaknya sudah melakukan identifikasi lahan-lahan produktif untuk ditingkatkan produktivitasnya.
”Tadi juga menjadi arahan dari bapak Pj gubernur. Salah satunya mengidentifikasi lahan-lahan yang produktif untuk ditingkatkan produktivitasnya,” kata Adnan.

Dikatakan Adnan, terakhir kali ada hujan pada Juni kemarin. Setelah itu masuk Juli, Agustus dan September ini hujan tidak ada lagi. Yang ada adalah cuaca panas dengan suhu agak tinggi.
”Kita akan segera data titik-titik kekeringan kemudian kita lakukan pembuatan sumur bor. Kami akan gandeng TNI untuk pembuatan sumur bor ini. Anggarannya kita ambil dari BTT itu,” tandas Adnan.
Ditanya soal pertemuan dengan Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, bupati Gowa mengatakan, dalam pertemuan tersebut Pj gubernur melakukan beberapa penekanan program prioritas. Ada delapan program prioritas yang akan diselesaikan Bahtiar selama menjabat Pj Gubernur.
”Saya yakin dan percaya dengan pengalaman beliau menjadi Dirjen, apalagi Dirjen Polpum, beliau Insya Allah berhasil mengantarkan sampai dengan terpilihnya gubernur defenitif nanti. Salah satu yang menjadi program prioritas itu adalah pembangunan bendungan Jenelata. Bendungan Jenelata dua tahun ini sudah tahapan pembebasan lahan dan sampai sekarang ini tidak ada masalah dengan pembebasan lahan,” kata bupati Gowa. (sar)

Share

Komentar Anda

Populer Minggu ini