Connect with us

Headline

ODHA di Makassar 15 Ribu, 65 Anak Jalani Terapi

-

MAKASSAR, BKM — Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di Sulawesi Selatan saat ini jumlahnya mencapai 26 ribu orang. Angka tersebut merupakan akumulasi kasus sejak tahun 2005.

Koordinator Pengelola Program di Komisi Penanggulangan HIV/AIDS (KPA) Sulsel Andi Akbar Halim mengungkapkan, ODHA terbanyak di Kota Makassar. Jumlahnya mencapai 15 ribu orang. Paling banyak, mereka tertular akibat transmisi seksual.

“Tiap tahun ada 600-700 kasus baru di Sulsel dan sudah masuk ke semua populasi,” ungkap Andi Akbar usai Diskusi Forum Jurnalis Sulsel Peduli HIV/AIDS bersama Pokja Media KPAP Sulsel, di Rumah Kopi Aroeng, Jumat (19/8).

Menurut Andi Akbar, selama ini banyak yang beranggapan jika mereka yang terinfeksi HIV/AIDS hanya kalangan tertentu. Padahal, di semua kalangan ada, termasuk anak-anak.

“Di Makassar saat ini tercatat 62 anak menjalani terapi akibat mengidap HIV/AIDS. Ini yang tercatat,” ujarnya.

Dikatakan, perlu upaya serius dari semua stakeholder terkait agar stigma terhadap pengidap HIV/AIDS bisa dihilangkan. Masyarakat harus diberikan pemahaman bahwa penularan HIV/AIDS tidak semudah penyakit menular lainnya.

Selain itu, lanjut Andi Akbar, perilaku positif di kalangan generasi muda harus terus dikampanyekan. Untuk mencegah penularan HIV/AIDS, maka ada tiga cara yang harus dilakukan. Pertama, laki-laki dan perempuan yang belum menikah tidak melakukan hubungan seks. Kedua, laki-laki dan perempuan yang sudah menikah, harus setia pada pasangannya. Ketiga, adalah penggunaan kondom.

Laman: 1 2

Share

Komentar Anda

Populer Minggu ini