Connect with us

Headline

Kolaborasi BKKBN Sulsel dan Perguruan Tinggi Atasi Stunting

-

IST RAKORNIS-Foto bersama Kepala BKKBN Sulsel Andi Ritamariani dengan kalangan akademisi usai Rakornis Kerja Sama Kemitraan Bersama Perguruan Tinggi se-Sulawesi Selatan.

MAKASSAR, BKM –Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan terus menjalin kolaborasi dengan perguruan tinggi dalam mengatasi stunting di daerah ini. Pada Minggu (4/12), dilaksanakan
Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Kerja Sama Kemitraan Bersama Perguruan Tinggi se-Sulawesi Selatan di Hotel Claro Makassar.
Mengusung tema Penguatan Kolaborasi Lintas Sektor dalam Percepatan Penurunan Stunting, kegiatan ini dibuka Kepala Perwakilan BKKBN Sulawesi Selatan Hj Andi Ritamariani. Dikatakan Andi Rita, kegiatan ini bertujuan meningkatkan komitmen dan peran serta perguruan tinggi dalam pelaksanaan Program Bangga Kencana dan percepatan penurunan stunting.

Lebih lanjut disampaikan, pemerintah telah menetapkan stunting sebagai program prioritas nasional. Komitmen ini diwujudkan dengan masuknya stunting ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 dengan target penurunan yang cukup signifikan, dari kondisi 27,6 persen pada tahun 2019 menjadi 14 persen pada tahun 2024.

“Guna mengentaskan masalah stunting diperlukan upaya-upaya nyata yang memberikan dampak terhadap penurunan stunting. Tentunya dengan didukung mitra kerja lintas sektor. Salah satunya perguruan tinggi” ujar Andi Rita
.
Ia menambahkan, dalam merumuskan kebijakan Percepatan Penurunan Stunting (PPS) dibutuhkan dukungan dan kolaborasi akademisi dari perguruan tinggi melalui kajian penelitian maupun studi kasus.
“Kegiatan ini untuk mendapatkan masukan dari akademisi melalui kajian-kajian kependudukan dan seperti apa teknis pelaksanaannya bisa didiskusikan bersama” tambah Andi Rita
.
Dari MoU antara BKKBN dan perguruan tinggi, salah salah satu kajian prioritas adalah stunting. Kerja sama itu bisa melalui kajian, KKN tematik dan Program Kampus Merdeka.
Dalam kegiatan ini menghadirkan 34 perguruan tinggi yang telah bekerja sama dengan BKKBN Sulsel melalui MOU dalam optimalisasi penyelenggaran Program Bangga Kencana yang diimplementasikan lewat Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui Program KKN Tematik dan Mahasiswa Peduli Stunting pada Program Kampus Merdeka.

Hadir sebagai narasumber Prof.Ir. Sumbangan Baja, M.Phil, Ph.D dengan Materi Kolaborasi Perguruan Tinggi dalam Percepatan Penurunan Stunting. Sementara Prof. Dr. H. Veni Hadju, M.Sc, Ph.D membahas Peningkatan Peran dan Strategi Perguruan Tinggi dalam Percepatan Penurunan Stunting. (*/rus)

Laman: 1 2

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini