Connect with us

Metro

Pengertian Market Cap pada Crypto dan Cara Mudah Menghitungnya!

-

Investasi menjadi pilihan banyak orang untuk mendapatkan pendapatan pasif sehingga bisa menambah pundi-pundi rupiah. Saat ini, ada banyak pilihan instrumen investasi seperti crypto dan bahkan cryptocurrency atau mata uang digital. Apapun instrumen investasi yang kamu pilih, kamu harus mengetahui market cap dari pilihan investasi tersebut.

Tidak hanya itu, kamu juga harus tahu bagaimana cara menghitungnya serta strategi investasi yang tepat berdasarkan skala market cap. Di kesempatan kali ini, Kami akan mengupas tuntas apa itu market cap, 10 coin crypto dengan market cap terbesar di tahun 2022. Yuk simak artikel lengkapnya di sini!

Pengertian Apa Itu Market Cap

Market cap adalah hal penting dalam dunia investasi. Istilah satu ini sangat penting untuk dipahami oleh mereka yang berniat untuk memulai investasi karena market cap atau kapitalisasi pasar berpengaruh pada fundamental crypto.

Market cap adalah sebuah ukuran yang didasarkan pada nilai agregat suatu crypto. Cara mendapatkannya adalah dengan menghitung total pengalian jumlah outstanding shares atau crypto crypto yang beredar dengan harga per satu coin crypto di pasaran.

Para investor biasanya menggunakan istilah ini untuk mengukur kualitas suatu crypto sebelum mereka membeli crypto. Dengan mengetahui nilai kapitalisasi pasar atau market cap, maka investor bisa menentukan total uang yang harus mereka keluarkan untuk membeli crypto dari crypto terpilih.

Singkatnya, apabila investor ingin mengambil 100 persen kepemilikan crypto, maka ia harus membayar sebesar nilai market cap. Dengan kata lain, crypto dengan nilai market cap yang besar memiliki potensi yang lebih besar menjadi tujuan investasi para investor.

Cara Menghitung Market Cap

Mempelajari market cap berarti kamu juga harus tahu cara menghitungnya. Ya, kamu bisa menggunakan market capitalization calculator tetapi akan lebih baik jika kamu juga tahu rumus perhitungannya.

Dengan mengacu pada pengertiannya, di mana market cap merupakan nilai dari hasil perhitungan jumlah crypto crypto kalikan dengan harga crypto tersebut, maka rumus yang bisa kamu gunakan adalah sebagai berikut:

Market cap = total crypto yang beredar di pasaran x harga per coin crypto

Misalnya, crypto Y memiliki total crypto sebanyak 90 juta coin dengan harga Rp 2,000 per coin. Nilai kapitalisasi pasar (market cap) adalah:

Total harga crypto = 90 juta coin

Harga crypto per coin = 2,000

Maka untuk menghitung market cap berdasarkan rumus di atas adalah sebagai berikut.

Market cap = 90,000,000 x Rp 2,000 adalah Rp 180,000,000,000 (seratus delapan puluh milyar rupiah)

7 Crypto Coin yang Menduduki Peringkat Teratas Coin Market Cap Top 100

Anda yang baru belajar tentang crypto, pastinya penasaran dari berbagai macam nama Crypto yang ada saat ini, coin-coin mana saja yang masuk ke dalam top 100. Untuk hal seperti ini, Anda dapat melihatnya di coin market cap top 100, berikut adalah daftarnya dari nomor 1 hingga nomor 7 untuk Anda.

  1. Bitcoin / BTC

Bitcoin merupakan mata uang digital yang sudah ada sejak tahun 2009. Saat ini, banyak peminat dari cryptocurrency satu ini, jadi tidak heran jika orang yang berinvestasi di mata uang digital satu ini semakin bertambah setiap harinya.

Banyak orang yang percaya bahwa Bitcoin bisa menjadi mata uang digital di masa mendatang. Bitcoin bisa ditukar dengan mata uang tradisional meski tidak didukung oleh pemerintah atau bank sentral mana pun dengan fitur BTC to IDR.

Sebagai mata uang kripto, Bitcoin memiliki beberapa kelebihan dan salah satunya adalah hash rate atau tingkat kompleksitas algoritma kriptografi yang semakin canggih sehingga kepercayaan publik juga semakin terjamin. Sayangnya, Bitcoin bersifat spekulatif. Nilainya ditentukan oleh sejumlah orang atau unit bisnis yang menerimanya.

Sementara untuk market cap, Bitcoin itu sendiri memiliki kapitalisasi pasar sebesar $1,068,500,872,583 dengan posisi pertama. Ini berarti bahwa Bitcoin memiliki market cap yang paling tinggi dari jenis crypto lainnya.

  1. Ethereum / ETH

Peringkat kedua pada coin market cap top 100 diduduki oleh Ethereum atau disingkat jadi ETH. Ethereum sendiri adalah sebuah proyek besar yang dimulai oleh Vitalik Butering di tahun 2013. Tidak lain sebuah platform rantai blok, yang menggunakan fungsi kotak cerdas. Di pasaran sendiri, 1 ETH setara dengan $ 3.237

  1. BNB / BNB

Peringkat keempat duduki oleh koin BNB. BNB sendiri adalah singkatan dari Binance Coin, sebuah mata uang digital yang dikeluarkan oleh Binance. Sedangkan kode dari coin crypto market ini sendiri adalah BNB. Pada dasarnya, Binance sendiri adalah platform pertukaran Crypto yang sudah teregulasi dan  Termasuk salah satu yang terbesar di dunia. Di pasaran saat ini 1 BNB setara dengan $ 459.

  1. Tether / USDT

Peringkat ketiga diduduki oleh Tether dengan code-nya USDT. Tether sendiri adalah mata uang crypto dan juga token yang resmi dikeluarkan oleh Tether Limited, yang mempunyai basis di Hongkong, dan sekaligus dikendalikan oleh pemilik Binfitex. Di pasaran sendiri 1 USDT setara dengan $ 1.00.

  1. USD Coin / USDC

Peringkat kelima diduduki oleh USD Coin, dengan code USDC. Yang perlu Anda tahu disini adalah USDC ini sendiri adalah stablecoin, yang ada di jaringan blockchain Ethereum. Dimana koin ini sendiri dirancang mempunyai nilai yang sama dengan dolar AS. Di pasaran sendiri 1 USDC setara dengan $ 1.00.

  1. Solana / Sol

Peringkat keenam crypto coin market cap diduduki oleh Solana Coin dengan kodenya SOL. Solana sendiri adalah sebuah platform komputasi yang memang berbasis blockchain terdesentralisasi menggunakan SOL, sebagai token aslinya, dalam sistem pembayaran transaksi. Di pasaran sendiri 1 SOL setara dengan $ 140.

  1. Cardano / ADA

Peringkat ketujuh di top 100 coin market cap diduduki oleh Cardano, dengan kode ADA. ADA coin market cap tidak lain adalah mata uang kripto yang sudah dilengkapi dengan kontrak pintar, atau bisa juga diartikan sebagai rantai blok generasi ketiga dari mata uang kripto, setelah Bitcoin dan Ethereum yang menggunakan teknologi proof – of skate (PoS). Di pasaran sendiri 1 ADA setara dengan $ 1.22.

  1. Polkadot

Semakin banyak pilihan aset kripto yang tersedia di pasaran, semakin bingung seseorang dalam menentukan pilihan untuk berinvestasi pada kripto. Jika kamu pun demikian, coba pertimbangkan nilai kapitalisasi pasar dari sebuah koin kripto.

Di 2 November 2021, Polkadot membuat gebrakan karena menguat sebesar 15,1% hanya dalam waktu 24 jam. Sekarang, coin dengan kode DOT ini mendapatkan perhatian yang cukup karena berkembang pesat di tahun lalu. Untuk nilai market cap dari Polkadot saat ini adalah $38,856,945,722.

  1. XRP

XRP merupakan aset kripto yang saat ini menempati posisi market cap terbesar ke tujuh dengan nilai $49,385,882,569. Dengan demikian, kamu pasti tahu kenapa banyak investor yang mengincar koin kripto satu ini. Sayangnya, banyak yang menilai jika XRP atau Ripple memiliki prospek yang kurang menarik dan tidak cocok untuk kalian yang ingin berinvestasi dalam jangka waktu yang lama.

Ripple adalah perusahaan Amerika Serikat yang bertujuan untuk menyediakan layanan yang efisien untuk pembayaran lintas batas di industri keuangan. Caranya adalah dengan menghilangkan perantara guna mengurangi biaya dan waktu transaksi. Teknologi Ripple memfasilitasi penukaran XRP dengan berbagai mata uang di dunia bahkan termasuk Bitcoin.

Demikianlah peringkat 9 hingga peringkat 1 dari daftar coin market cap top 100 yang perlu Anda ketahui dan pelajari, dari ratusan atau bahkan ribuan coin yang ada saat ini di pasaran. Jika Anda tertarik untuk memulai investasi di crypto, platform yang kami rekomendasikan adalah Pintu.

Pintu atau PT Pintu Kemana Saja yang dikenal dengan nama brand Pintu, platform jual beli dan investasi aset kripto yang berfokus pada mobile telah diunduh hingga 2 juta kali dengan pengguna aktif mencapai lebih dari 700.000.

Pintu adalah aplikasi jual beli dan investasi aset crypto berbasis mobile di Indonesia. Aplikasi Pintu telah terdaftar secara resmi serta diawasi langsung oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Saat ini aplikasi Pintu telah digunakan lebih dari 2 juta pengguna dan menghadirkan lebih dari 30 aset kripto yang diperdagangkan.

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini