Connect with us

Metro

Nasib Tugu Pahlawan di Jalan Ujung Pandang

Jadi Tempat Pembuangan Botol Bekas serta Dipadati Bangunan

-

ist TAK DIHIRAUKAN--Keberadaan tugu pahlawan yang berada di Jalan Ujung Pandang, kota Makassar tak dihiraukan lagi. Tumpukan sampah dan botol bekas mengelilingi lokasi tugu, bahkan lapak PKL dan bangunan liar memadati lokasi tugu. Warga minta Pemkot Makassar dan Pemprov Sulsel bisa melakukan penataan kembali di tugu tersebut.

TUGU Pahlawan di Makassar yang menjadi bukti sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia sudah terlihat usang dan kumuh. Padahal tugu ini menandai pendaratan pertama pasukan TNI di tanah Sulsel.

EDITOR: WARTA SHALLY HIDAYAT

Tugu Pahlawan ini berada di Jalan Ujung Pandang, Makassar dan berada tepat di depan Benteng Rotterdam. Tugu ini tidak akan terlihat seperti tugu biasanya karena tertutupi bangunan dan aktivitas pedagang kaki lima yang berdiri di depannya. Selain itu, tugu ini telah kusam dan sampah-sampah yang menumpuk di pinggirannya.Tugu Pahlawan Makassar kumuh dan jadi pembuangan botol bekas.
Masyarakat yang berada di dekatnya juga terkesan acuh tak acuh terhadap tumpukan sampah itu.
Padahal berdasarkan catatan sejarah, TNI pertama kali mendarat di daerah ini sekitar tahun 1949 atau sekitar 73 tahun lalu. TNI kala itu masuk ke Sulsel untuk menghadang pasukan KNIL.

Salah seorang pendatang lokal, Indriani, mengaku, tidak mengetahui adanya tugu bersejarah yang berdiri di sana. Dia, yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah, mengatakan hanya datang untuk melihat Benteng Rotterdam.
“Saya tidak tahu ada tugu di sana. Karena memang tidak terlihat jelas dari depan Benteng Rotterdam.Saya berharap Pemerintah Kota Makassar dan Pemerintah Provinsi Sulsel bisa menata kembali tugu yang menjadi saksi sejarah. Termasuk tempat pendidikan sejarah bagi generasi pelanjut,” kata Indriani.
Tugu pahlawan yang merupakan simbol perjuangan para pejuang puluhan tahun silam di Makassar kian tak terurus.
Tugu Pahlawan Indonesia tersebut dibangun di atas lokasi yang menjadi lokasi pendaratan pasukan TNI, usai pengakuan kedaulatan Indonesia oleh Belanda pada 1949.

Laman: 1 2 3

Share

Komentar Anda

Populer Minggu ini