Connect with us

Metro

Legislator Partai Gerindra- BKKBN Sulbar Kampanyekan Percepatan Penurunan Stunting

-

KAMPANYE -- Legislator Partai Gerindra dan BKKBN Sulbar kampanyekan percepatan penurunan stunting bagi remaja

MAMUJU, BKM – Sebagai upaya mencegah dan menurunkan angka stunting menjadi 14 persen sesuai target pemerintah pada 2024 mendatang, perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Barat menggelar kampanye percepatan penurunan stunting bersama mitra kerja Komisi IX DPR RI yang menghadirkan 200 remaja usia sekolah di Kecamatan Matakali Kabupaten Polewali Mandar, Sabtu (26/11/2022).

Bersama dengan Anggota Komisi IX DPR RI, Dra. Hj. Andi Ruskati Ali Baal, kegiatan ini menyasar siswa Sekolah Menengah Atas untuk diberikan edukasi mengenai stunting dan dampak dari pernikahan usia anak yang angkanya mencapai 17.630 perkawinan anak .

“Persoalan stunting di Sulawesi Barat berkaitan dengan tingginya tingkat perkawinan anak yang terjadi di masyarakat,” ujar Nuryamin, Kepala Perwakilan BKKBN Sulbar.

Sulawesi Barat berada pada peringkat ke-2 terkait persoalan stunting dan peringkat ke-4 jumlah perkawinan anak di Indonesia. Untuk itu BKKBN melibatkan generasi muda melalui program Generasi Berencana (GenRe) agar tidak melakukan perkawinan anak.

“Banyak dampak yang ditimbulkan dengan adanya perkawinan anak, salah satunya adalah stunting. Generasi kita kedepannya kurang memiliki daya saing dan jangka panjang akan mudah terkena penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, lever, diabetes, kolesterol dan penyakit lainnya,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Andi Ruskati mengutarakan pentingnya kesadaran untuk melakukan pencegahan terjadap pernikahan usia anak. Remaja sebagai penerus bangsa diharapkan mampu membentuk karakter kritis yang mampu menyumbangkan pemikiran-pemikiran mereka tentang masa depan bangsa.

Laman: 1 2

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini